FLASH Blogging Berbeda Itu Membangun Ke-Tangguh-an ( Temu Blogger Jawa – Barat Bersama Kominfo )



(pict :dok.pribadi)
  
Temu Blogger Jawa Barat dengan Menkoinfo pada Selasa 22 Agustus 2017 tujuannya adalah melawan hoax dengan memperbanyak tulisan – tulisan yang bernilai memiliki pencerahan dan membangun kebhinekaan.



Acara Flash Blogging 72 Tahun Memperkokoh Kebhinekaan dalam Membangun Negeri menampilkan dua nara sumber yang masing - masingnya mengarahkan agar bisa melawan hoax dan turut membimbing masyarakat menjaga cara bersosial di dunia maya secara lebih berakhlak.

Dua Nara Sumber : 

Pak Prof Karim Suryadi, dosen UPI dan penulis

Enda Nasution
Blogging di Indonesia dari Masa ke Masa

Kepala dinas kominfo Jawa _ Barat
Dr. Widyatko MA

Menekan pentingnya bertata krama di dunia maya,  memang bebas dan merdeka akan tetapi ada aturan yang tidak tertulis yang hendaknya di perhatikan.

Jawa - Barat masyarakatnya dan segala sesuatunya hendaknya sama - sama kita jaga karena banyak potensi yang penting dirawat dan di pelihara.

Diantara potensi Jawa - Barat adalah banyaknya perguruan tinggi yang khusus bidang informasi, tentang masyarakatnya dan alamnya.

Jika dunia maya tidak dijaga maka akan berimbas pada dunia nyata khususnya tentang menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.







Dirjen Komimfo

Ibu Dirjen mengarahkan secara detail bagaimana di dunia maya ada 10 % orang yang memproduksi konten hoax fitnah dan kebencian kemudian di viralkan oleh 90% pengguna internet yang merasa bahwa berita itu benar adanya. 

 
Ibu Rosarita Niken Widyastuti  lebih lanjut menyampaikan pentingnya melawan berita - berita hoax dan fitnah dengan memperbanyak konten - konten kebaikan.


Kebinekhaan Adalah Kekokohan Dan Ketangguhan

Banyak hal yang memikat dari paparan  Prof Karim Suryadi, disamping beliau sebagai  dosen UPI dan penulis perlu kita catat bersama diantaranya :

Pentingnya bersikap kritis pada lingkungan.

Pada saat ending Pak Karim mengatakan bahwa :  "Ingin pergi kemanapu hendaknya  gagasan menjadi panglima. kritik yg baik itu komprehensif bukan cuma obyektif."

Ada buku bagus yang sempat saya baca hingga lecek tuturan dari Pak Karim.
buku bagus utk analis, kritikus, pengimbang kebijakan, dan ditulis oleh seorang  redaktur US todays 'politicians are peolpe'.pesan: 

kritik itu penting krn pejabat bisa baik juga buruk namanya manusia, tp jangan dicela, krn bisa jadi kita ada di sana makna jika posisi kita menjadi pejabat maka kritikan yang tidak mencela akan juga sampai pada diri kita  dan mereka ada utk kita jangan sampai  ibarat meludah ke langit. 

Disiplin klarifikasi. media apapun akan diikuti sejauh orang mempercayainya, 
drmn percayanya? ada 2 hal thd sumber berita: 1. prinsip korespondendi, yaitu dikatakan benar bila korelatif dgn fakta. mereka akan melacak tulisan sebelumnya. 2 koherensi, yg baru diyakini benar bila yg dulu jg benar. ada seleksi alam.

Manusia bersikap mengubah pola - pola kebudayaan dan absurd kalau kebudayaan adalah seragam jadi kebhinekaan adalah ketangguhan rakyat Indoneia yang harus dijaga bersama - sama.

 
Enda Nasution

Blogging di Indonesia Masa Kita
27 Oktober 2007 – 2017 Hari Blogger Nasional

Banggalah menjadi seorang blogger yang bergerak menjadi konten kreator original








Belum ada Komentar untuk "FLASH Blogging Berbeda Itu Membangun Ke-Tangguh-an ( Temu Blogger Jawa – Barat Bersama Kominfo ) "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel