30 Apr 2017

Blogger Mitra Strategis Kemenkes RI #DukungGermas





Bersyukur sekali mendapat pengakuan sebagai salah seorang  blogger Bandung  dan kemudian memperoleh undangan  untuk menghadiri workshop Temu Blogger Kesehatan 2017 dengan tema  “Urang Bandung Dukung Germas”.

Acara Temu Blogger bersama Kementerian Kesehatan RI pada 21 April 2017 diselenggarakan di Hotel Savoy Homann Jalan Asia Afrika no 112 Cikawao  Lengkong Bandung Jawa - Barat  barokah buat kami semua ternyata tidak hanya dari Bandung saja para blogger  yang mengikuti workshop pada hari yang bertepatan dengan peringatan Ibu Kartini. Mereka yang hadir  adalah  blogger Purwakarta,  Cianjur, Garut,  Kuningan, Indramayu  dan Cirebon.



Sesungguhnya penulis  kurang lebih setahun belakangan ini di time line face book  sudah acap kali kata Germas berseliweran tentu saja sepintas membacanya tidak terlalu respek,  akan tetapi seharian di Savoy Homann  membuka mata kami semua bahwa Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) adalah kampanye yang mesti di dukung semua fihak  dan ini adalah agenda dan kerja serius.

Kenapa kerja serius dan blogger di seret – seret ke wilayah itu . . . . akh . . . ya mari kita ikuti saja bacaan berikut ini . . . .



Pernak Pernik GERMAS   
GERMAS  adalah singkatan dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat sebuah program kesehatan dari Kementerian Republik Indonesia (Kemenkes RI) yang di canangkan pada  15 November 2016.  Bapak Presiden RI Joko Widodo juga telah menandatangani  Instruksi Presiden ( Inpres  ) Nomor 1 Tahun 2017 tentang GERMAS pada tanggal 27 Februari 2017.

Informasi formal dan penting tersebut kami peroleh dari beberapa Nara Sumber yang hadir diantara Bapak Indra Rizon dari Kemenkes RI
Adapun acara yang di kemas serius akan tetapi santai dan berbobot :

1.      Sambutan selamat datang dan sekaligus membuka acara workshop GERMAS oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Jawa – Barat yaitu Bapak Uus Sukmara.

2.     Sepatah Kata dilanjutkan dengan paparan  dari Kepala Biro Komunikasi & Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI)  Bapak Oscar Primadi  @oprimadi

Adapun Ibu Nina Manarosana sebagai Sekretaris Dinas  Kesehatan Kota Bandung Presentasi uraian mengenai implementasi  GERMAS di kota Bandung pemandu acara oleh Bapak Indra Rizon dari Kemenkes RI kemudian di lanjutkan dengan sesi tanya jawab  dengan para nara sumber.

GERMAS menjadi momentum bagi masyarakat guna membudayakan pola hidup sehat.   
GERMAS adalah suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.
Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian, mulai dari proses pembelajaran hingga menuju kemandirian  



Sebagai Mitra Strategis Kemenkes RI 
Apa Sajakah Yang Harus Di Lakukan Oleh Blogger

-         1.  Memahami Tujuan Germas
-         2.  Bloggernya Sebagai Contoh

-         3.  Sosialisasi Program Germas 

-         4. Sustainable (Berkesinambungan)

-         5. Meningkat kualitas kepenulisan
Posting Komentar