3 Mar 2017

Taqwa Kunci Sukses Hidup Dunia Dan akhirat




Keberadaan kita sebagai makhluk Allah di alam dunia mengemban beberapa tugas, disamping untuk memakmurkan bumi juga yang paling prinsip adalah menyembah Allah, tunduk taat dan patuh menunaikan segala perintah – perintahnya dan  meninggalkan apapun juga yang di larang oleh Nya.

Ketaatan pada Allah SWT sebagai  salah satu bentuk ketaqwaan pada Robb penguasa alam raya ini,  sebagai mana dua sisi mata uang maka iman dan taqwa ada tidak bisa dipisah kan masing – masingnya dan iman tidak bisa berdiri sendiri tanpa ada takwa demikian sebaliknya.

Beberapa Makna Takwa 
Kalimat  taqwa adalah kalimat tauhid memurnikan kethaatan hanya pada Allah.
Taqwa :   memelihara diri dari siksaan Allah dengan mengikuti segala perintah – perintahnya dan menjauhi segala larangan – larangannya tidak cukup diartikan dengan hanya takut saja.  Dalam kamus al Qur’an beberapa makna takwa diantaranya : bertauhid,  menyembah Allah SWT;  tidak melanggar perintah Allah plus juga bermakna ikhlas. 
Dari keempat komponen  masing – masing memiliki dasar hukum bersumber pada al Qur’an yang mulia :

A.      Bertauhid
-          QS. an Nisaa’ (4)  :  131
-          QS. al Hujurat (49)  :  3
-          QS. al Fath (48)  : 26

B.      Menyembah Allah SWT
-          QS. an Nahl (16)  :  2
-          QS. an Nahl (16)  :  52
-          QS. Al Mukminun  (23)  :  23
-          QS. as Syu’ara  (26)  :  11

C.      Tidak Melanggar Perintah Allah SWT
-          QS. Al – Baqarah (2)  :  189
-          QS. al Baqarah (2)  : 197

D.     Ikhlas 
-           QS. al Hajj (22)  : 32       

Balasan Bagi Orang Yang Bertaqwa 
Tidaklah mudah menjadi orang yang bertaqwa,  melalui proses panjang dan jatuh bangun  bahkan mungkin sepanjang hidupnya penuh dengan berbagai ujian berat sebagaimana dialami oleh para Nabi dan Rasul.
Contoh yang cukup populer adalah Nabi Muhammad SAW dan Nabi Ibrahim AS;  keduanya contoh yang paling ideal tidak akan ada bandingan bagi keduanya.

Namun janji Allah berlaku bagi semua makhluk di muka bumi ini  bahwa orang takwa akan memperolehan balasan sebagaimana diungkap oleh satu ayat agung  . . .

[13] Perumpamaan Surga yang dijanjikan kepada orang – orang yang bertakwa ialah (seperti taman);   mengalir sungai – sungai di dalamnya;  buahnya tak henti – henti sedang naungannya  (demikian pula).  Itulah tempat kesudahan bagi orang – orang yang bertaqwa,  sedang tempat kesudahan bagi orang kafir ialah neraka. QS. Ar Ra’du [13] : 3


Posting Komentar