19 Jan 2017

Menjahit Asyik Bersama Astri Damayanti



 
Mesin Cantik kombinasi putih dan pink (picture : dok.pribadi)

Saling mengambil gambar (pict:dok.pribadi)



Jaman dahulu ketika orang tua kita  menjahit pakaian baik rok blus sarung kerudung dsb.  prosesnya  sederhana banget cukup memakai jarum dengan mitranya benang,  tahukan . . .  semua juga jarum itu sejenis penusuk berbahan seperti mirip – mirip  stainless halus berwarna keperakan dan berlubang di salah satu ujungannya,   dengan fungsi  menyambungkan kedua bagian potongan kain agar membentuk indah dan dapat digunakan atau juga menyambung beberapa sobekan busana kita atau kelim yang biasa keinjak – injak ujung baju atau ujung rok termasuk ujung celana panjang.

Kegiatan Workshop yang Menyihir (pict : dok.pribadi) 


Ibu atau Nenek bahkan  Mbah Buyut dengan sigap (tanpa ada rasa malas) akan memperbaiki pakaian – pakaian sobek atau kancing lepas,  saku baju sobek,  sarung tersangkut paku  dengan suka cita  beliau – beliau mencari jarum,  benang sesuai bahan gunting kaca mata secara terampil akan melakukan kegiatan menjahit,  orang Sunda sering membahasakan dengan istilah ‘kekerod’  artinya memperbaiki pakaian atau apapun yang robek.


Kenapa Dahulu  Perempuan Harus  Memiliki Ketrampilan Menjahit
Ketrampilan menjahit harus lekat dalam diri para remaja calon Ibu dimanapun berada,  pernah membaca sejarah tentang Ibu Fatmawati yang menjahit bendera pusaka sang merah putih sehingga jika tiba musim  hari kemerdekaan Indonesia  maka Ibu Fatmawati akan terus disebut dan diulang – ulang sebagai penjahit bendera pusaka coba benderanya kalau tida ada yang menjahit pastikan warna bendera kita hanya putih saja atau hanya merah saja, atau dua bendera berdampingan satu merah dan satu lahi berwarna putih #rumit akh berfikirnya.

Doodle juga Menyihir Blogger sampai ke tingkat "fly" ini tanggung jawab Teh Neng Tanti amelia ya . . . ya . . . ya . . . (pict : dok. pribadi)



Kesimpulannya sejak jaman 1945 perempuan Indonesia suka menjahit bahkan sebelum – sebelumnyapun menjahit adalah salah satu kebudayaan Nusantara, silahkan sedikit kisahnya baca artikel ini : 



Workshop Menjahit Dan Doodle Bersama Blogger Bandung 
Kesempatan dapat menghadiri workshop menjahit menggunakan mesin jahit brother kemudian dihias dengan doodle mengeksplorasi kecanggihan warna stabilo marker pada 14 januari 2017 adalah merupakan anugerah istimewa di awal tahun, senengnya berjumpa dengan para blogger energik dan berkepribadian plus nara sumber ajaib poko’e hebboh . . . asyiik.

Adalah Mbak Astri Damayanti yang flyersnya telah menyebar di laman – laman FB yang Bunda sempet kecengin di time linenya  Teh Rinrin Irma . . . (pengen ketemu sama dirinya belum jodoh . . . tuh kaan si jodoh teh kemana ?)

Bunda baru berjumpa sekali ini di Cafe Abu Marlo Jalan Tamblong 48 – 50 Bandung,  yakin Mbak yang satu ini terampilnya tidak perlu kita sangsikan dengan sabar tenang ulet dan bersahabat memberikan instruksi demi istruksi mulai dari memasang pola meggunakan jarum pentul,  menggunting bahan dan menjahit outer kimono  membuat semua blogger yang hadir tersihir olehnya . . . emang Mbak yang satu ini penyihir yang cukup trampil.

Kenapa Mbak Astri Damayanti sebagai founder Kriya Indonesia Bunda sebut sebagai penyihir yang cukup terampil . . . wkwkwk . . . . hadheu . . .  Mbak Astri  kami ini blogger Bandung beberapa kali  dan bertahun – tahun sering saling ketemu dan berjumpa, sebut ya Kang Ade Truna, Teh Ida Tahmidah, Teh Eva Sri Rahayu kembarannya Teh Evi,  Teh Ima, 

Susanti Hara Jv Teh Euis Isrinuur  mereka yang sempet Bunda kenal dan dituliskan satu – satu Akang dan Teteh – teteh ini  biasa ngetwitt,  jari jemari mereka halus trampil canggih memainkan huruf – huruf pada smartphone rata – rata juara livetwitt serta merta berjumpa dengan Mbak Astri jari mereka tidak bisa melepaskan mesin jahit brother yang mempesona ini sich gilaa . . .

Bunda sebagai Emak yang pura – pura blogger bener mencoba kecanggihan mesin jahit brother dengan specifikasi  

NV - 15P User Friendly yuhuu dweh . . .

adalah Mesin Jahit Komputer dengan display LCD lengkap ada Lampu LED

Eits . . . 7 Point feed ( gigi/ gauge set )

- 16 Jenis Jahitan

Jika ingin mengganti jenis jahitan tinggal mengganti  apa sih namanya kuda – kuda atau apa (typo Mbak !) 


- Otomatis memasukkan benang  

Buktikan sendiri kenyamanan aktifitas memasukkan benang ya yang tidak pakai ribet, poko’e asyiik  . . .


- Satu Langkah membuat lubang kancing

Jaman dulu . . . . membuat lubang kancing itu kalau di kuliahan sich pelajaran dua semester, ikh dengan mesin jahit brother magh tidak musti pakai kuliah ketemua sama Mbak Astri satu jam keqnya cukup belajar membuat kancing menggunakan mesin jahit brother


- Pengaturan tensi benang atas

Tuh khaan brother Indonesia menjadikan benang saja ada tensinya belajar dan ketemu lagi yuuks


- Tombol Pengatur kecepatan jahit

Penjahit kalau lagi vit bisa mengatur dengan speed jika agak ngantuk pakai slowly . . . bener ngga ?


- Berat : 6.2 kg
- 42 Watt
- Dimensi : 520 (P) x 270 (L) x430 (T) mm.

Banyak type Mesin jahit Brother yang canggih – canggih mulai harga 1.7 Juta hingga 15 juta kemudian Bunda membawa dua brosur dan mempelajari masing – masing type untuk dapat memahami dan akh gemana cara memasarkannya yuuks tanya ke Brother Indonesia.

Workshop Menjahit Dan Doodle Bersama Blogger Bandung 


Kamis,  19 Januari 2017 M / 20 Rabi'ul Akhir 1438 H

Posting Komentar