Seekor Lebah Dan Kupu – kupu Yang Beriringan Di Hutan Tongoloka




Ketika semua memanggil untuk menanam salah satu jenis tumbuhan keras bernama Ifil atau Merbau, saya dengan Pak Muhammad Amrul Husni tengah berdiskusi tentang proses reklamasi,  ya diskusi terhenti hanya sampai disitu. Berharap Merbau ini tumbuh 32 tahun yang akan datang sehingga menjadi amal jariah seluruh peserta dan panitia yang terlibat dalam program Newmont Bootcamp 2016. Picture Milik : Mbak Donna Imelda yang lincah, muka bantal 


Sebagaimana dua hari yang lalu kami semua  peserta Newmont Boot Camp mengikuti acara presentasi Mining dan pada hari ini (Rabu, 17/02/16) dengan sangat antusias kami menyimak paparan tentang kiprah PT. NNT dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Kelestarian lingkungan inilah yang biasanya sering disoroti masyarakat baik  lewat semacam LSM atau mungkin karena ketidak berkenannya pemerintah lokal maupun pusat  terhadap perusahaan yang tidak memiliki niat baik untuk tunduk dan patuh memberlakukan apa – apa yang di tetapkan oleh perundang – undang khususnya  UU  lingkungan hidup.

Sebagaimana dipaparkan oleh Muhammad Amrul Husni ( General  Supervisor PT Newmont  NT )  bahwa perusahaan ini bergerak dengan payung hukum yang jelas, dan terutama :

Menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan (SML) ISO 14001 ; salah satu komponen penting yang menjadi pusat dari penerapan SML adalah :   
Kebijakan Lingkungan.


Picture ini sepertinya milik @newmontID #newmontbootcamp, terima kasiih

Kebijakan Lingkungan inilah yang akan menjadi action dilapangan, seharian penuh  seluruh peserta #NewmontBootcamp  menyaksikan kiprah yang teramat menakjubkan dari tim kerja yang di bangun dengan kesadaran dan kebersamaan mengelola kelestarian air, tanah dan tailing.

Pengelolaan air di lingkar tambang, dalam paparannya yang agak tergesa – gesa karena akan mengejar ke lapangan Pak Muhammad Amrul Husni, menjelaskan ( aha . . . semoga tidak keliru )   . . .

Bahwa seluruh air tidak ada yang terbuang sia – sia,  oleh salah satu lembaga Newmont Dept  Enviro dimanfaatkan salah satunya lewat dam Santong 3 dengan  tehnik pengelolaan air secara tertutup agar lebih optimal.

Air Tambang ditampung sementara di Tongoloka dengan adanya   Sistem gravitasi bumi maka akan mengalirkan air tersebut ke dam Santong 1 dan Santong 2 juga Santong 3.  

Santong 3 adalah dam yang terbesar dari posisi ini air akan ditarik menggunakan pompa menuju prossecing plant,  kemudian dinetralkan kadar asamnya lalu digunakan kembali.

Picture, dok  : Evi Indarwanto ( terima kasih telah berbagi . . .)

Perlu jadi catatan, ini kata PT. NNT diwakili oleh Pak Husni

Air, meminimalkan penipisan persediaan serta penurunan kualitas sumber air melalui maksimalisasi daur ulang air serta efisiensi penggunaan dan pencegahanpencemaran air”.   


Banyak hal beliau ungkapkan baik itu tentang air, tanah juga tailing
Sistem penempatan tailing di dasar laut, agar terhindar dari kekeliruan,  maka penulis googling  disini

  Pengelolaan Tailing, merancang, mengoperasikan dan menonaktifkan fasilitas penyimpanan tailing guna meminimalkan risiko terhadap lingkungan dan pemangku kepentingan

  Batuan Sisa, mengelola batuan sisa guna memastikan agar potensi permasalahan yang berkenaan dengan drainase dapat diidentifikasi dan dikelola, dan strategi rehabilitasi dapat mendukung struktur yang stabil dan aman.

Para praktisi lingkungan  dalam menjaga kelestarian alam,  diistilahkan pada lingkungan Newmont adalah  Departemen Lingkungan Hidup,   pengamatan penulis mereka sedemikian serius dan sangat komit terhadap UU Lingkungan Hidup.

Proses Reklamasi di Hutan Tongolaka terus dilakukan dan berjalan. Pict : dok. anonim


Hal yang tampak setelah meninjau beberapa lokasi pada salah satu bendungan di Santong 3 puluhan kupu – kupu beriringan diatas air sangat indah,  namun momen itu tidak di tangkap camera penulis . . . . (  batere ngedrop !!! demikian alasan non rational ).

Hampir semua kupu - kupu yang beriringan itu berwarna putih dengan gerakan - gerakan cantik kadang mereka melakukan akrobat - akrobat kecil yang menakjubkan,  penulis yakin bukan karena mereka tahu disekelilingnya banyak makhluk bernama manusia, akan tetapi alam sekitarnya sedemikian kondusif bagi mereka para kupu - kupu ini bersenang - senang dan bergembira menikmati kejernihan air, hijaunya tumbuhan di sekitar dan berlimpahnya cahaya Matahari disekitar mereka.

Bahkan hal yang paling surprise dan langka di hutan reklamasi ditemukan  :  kakak tua kecil jambul kuning berdasar penuturan Pak Muhammad Amrul Husni.
( dihimpun dalam Buku :  Burung - Burung di Batu Hijau ; Kumpulan foto : Muhammad Salamudin Yusuf )
Disamping juga beberapa binatang seperti : ayam hutan, babi, rusa, kerbau, elang menandakan bahwa hutan itu telah jadi.

Penulis sempat kaget juga ketika Bli Putu Adi salah seorang peserta Newmont Boot Camp Batch V,  disengat lebah bagian bawah telapak kakinya bengkak dan menjadikan tungkai kaki berasa pegal.

Lalu lebah itu dari mana ?

Padahal jarak tempuhnya sekitar 7 km,  akh penasaran dipertanyakan kepada para pendamping termasuk Pak Husni, analisa beliau lebah itu sudah ada sejak di mobil.

Maka Merbaupun dikasih minuman mineral yang kami bawa

Pak Husni berkomentar ringan : "Tidak perlu heran Bu karena Sumbawa terkenal dengan madunya kemungkinan lebah itu datang dari hutan alami yang berdampingan dengan hutan – hutan reklamasi". 

Merbau . . . .

Simbol terakhir yang disetting oleh para penjaga lingkungan adalah  penanaman Merbau, semoga kedepan bisa berkisah tentang salah satu jenis pohon di hutan rekayasa dari 92 macam jenis yang mereka tanam.
Salam Penghijauan

Maluk,  9 Jumadil Awwal 1437 H / 18 Februari 2016

#Mining #NewmonID #NewmontBootcamp #Batu_Hijau #Kelestarian_lingkungan #air #tanah #tailing #hutan #laut

2 Komentar untuk "Seekor Lebah Dan Kupu – kupu Yang Beriringan Di Hutan Tongoloka"

  1. Gak ikutan pas nanam dan ke sungai waktu itu, krn ikut ke laut ambil sampel air

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama seru - nya baik kisah yang ke laut maupun yang ke sungai dan nanem

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel