O la la Buka – Bukaan Dunia Tambang



Kumpulan Cerita Sustainable Mining Bootcamp



Resensi
Buku           :  Buka – Bukaan Dunia Tambang
Penulis        :  Peserta Sustainable Mining Bootcamp Newmont
Penyunting  :  Diha dan Andika Budiman
Desain Isi    :  Kulniya Sally
Penerbit       :  Kaifa – Mizan Pustaka
Tahun          :  Rabi’ul Tsani 1437 / Februari 2016

Sejak persiapan mental menuju Bootcamp Batch – 5 / 2016 
banyak hal ingin diketahui terkait apapun yang perlu : 

  • difikirkan,
  • dilihat dan
  • dilakukan.

Searching plus  enter adalah  hal yang paling mungkin dan sudah dilakukan oleh penulis, berlimpah data yang mesti dipilah dan dipilih di tengah berbagai tugas yang tidak kalah bertumpuk  menanti juga untuk segera di tuntaskan ;   
menjelang keberangkatan menuju Sumbawa - NTT
Akan tetapi ada satu tuntutan di fikiran :

“Bagaimana caranya menangkap spirit para alumni Bootcampers yang telah menuntaskan program ini dengan mulus dan . . . bahagia”.

Sempat membeku dalam renungan,  tanpa secercah idea atau bahkan solusi bodoh . . . sekalipun tak kunjung muncul ;

Apalagi jalan cerdas . . .
Blas saja menguap dihimpit waktu.
Syukurlah.
Alhamdulillah . . .

Saat briefing,  gambaran – gambaran umum Sustainable Mining Bootcamp Newmont Nusa Tenggara Timur yang dilaksanakan pada hari selasa 9 Februari di Mega Kuningan
Oakwood Premier Cozmo Jl. Dr. Ide anak Agung Gde Agung membentuk menjadi amunisi efektif agar bisa menyaksikan Tambang Batu Hijau itu.

Lebih dari itu semua hal yang paling menggembirakan, adalah buku . . . .
Buku kumpulan Cerita  “Sustainable Mining Bootcamp”  dari mulai Cumi Lebay mewakili  peserta Batch I, Juwairiyah Batch II,  Regy Kurniawan, Titiw Akmar dan Andhtya Firselly Utami ketiganya mewakili peserta Batch III dan sebagian besar penulis di keroyok dari peserta Batch IV diantaranya adalah Dzulfikar Al ‘Ala dan Danang Puspita.

Calon peserta Bootcamp tidak perlu bersusah payah searching enter, memilih dan memilah, ini buku  special pakai  komplit,  dan tidak perlu lama. 
( Alhamdulillah berulang di lantunkan ).


Buku ini diisi oleh 30 orang penulis, ada Unggul Sagena disamping salah satu peserta Batch IV juga ia sebagai salah satu peserta Bootcamp Goes to Minahasa Tenggara. 
Bagi penulis, sangat mendesak menuntaskan membaca BBDT  ( Buka – bukaan Dunia Tambang ) satu hari penuh

Mulai dari  “ Seeing Believing”  hingga cover akhir hal 194 tentu saja halaman yang tercantum ada 190.

Kata Pengantar di tulis oleh  Kang Arul  disematkan padanya sebagai  personal branding  ‘Dosen Galau’ di blok dan FB –nya

Ia menuliskan bahwa BBDT adalah buku langka,  memang nya khan belum ada buku sejenis ini.  

Betul belum dapat kita temukan himpunan kisah beragam tentang dunia tambang dengan kisah – kisah yang sangat natural,  kalau kemudian dituduh apapun . . . perbaikan dan penyempurnaan  buku ini kedepan adalah jawaban istimewa.

Kang Arulpun  menguraikan dengan cantik tentang tiga kekuatan blogger,  bukanlah kebetulan kalau ia pun seorang blogger.
Ulasannya di buku BBDT terkait blogger :

Pertama,  blogger itu kalau menulis detail  dan variatif

Kedua,  tulisan blogger lahir sangat personal dengan sudut pandang  yang rata – rata menukik  tajam.

Ketiga,   
khalayak (blogger) bertransformasi dari konsumen konten menjadi produsen konten.
Disini . . . dalam pandangan Kang Arul sebagai seorang Akademisi 
Media siber ( cybermedia )

Berasa menganggap dan mengangkat blogger sebagai  “sesuatu banget”  yang memang sangat layak di apresiasi.

Membaca buku BBDT ini pun rasanya nano – nano,  memang jangan di telan bahaya . . . !!  pelan – pelan saja dinikmati, maka akan memunculkan rasa :

Penasaran  dan jadi catatan merah muda transparan  apa yang diungkap Rahmasari Noor Hidayah dengan judul : Perempuan – Perempuan Tangguh Di Balik Dunia Tambang kemudian uraiannya ditutup dengan kalimat takzim :

“Hormat kami,  dari sesama perempuan untuk seorang perempuan yang rela bekerja keras dibalik haul truck dunia tambang”. (p.61)

Haru . . . saat membaca catatan Dzulfikar Al ‘Ala dengan judul :  “Para Pencari Tuhan Di Area Tambang”  kalimat ini yang ngenes :

“Para pekerja tambang laksana zombie – zombie, hidup sepertinya lurus – lurus saja dan tiada gairah sama sekali.  Namun kita tidak pernah tahu hati seseorang. Kita tidak tahu kebahagiaan seseorang jika hanya dilihat dari tampilannya saja” (p.55)

Ngakak,  dalam hati saat membaca karya tulis Regi Kurniawan dengan judul :  “Ceritera Pak Kades”.   Maka usai membaca catatan ini,  sesungguhnya Pak Kades dalam pandangan penulis ia adalah orang desa yang terkesan lugu  makhluk yang kurang bersyukur atas nikmat Allah SWT ;   akan tetapi menjadi  fenomena umum tampaknya untuk lingkaran tambang karena cersos (cemburu sosial ) p. 81 - 84


  
Perlu,  jika ini benar di kategorikan sebagai Novel maka penulis menganggap karya Unggul Sagena sebagai klimak dalam kisah ini dengan tulisan :  “Merenung Tambang, Memahami Harga Kehidupan dan Nilai Penghidupan”.  Tulisan ini cheese bingits dan unggul 125 – 128

Tulisan Unggul ini hampir sembilan puluh persen sebagi vitamin dan bekal penting khusus nya calon peserta Bootcamp Batch – V

BBDT tampaknya memang akan  menjadi buku unggulan calon – calon Bootcamp masa yang akan datang mengingat diterbitkan oleh Penerbit  Kaifa – Mizan Pustaka, rasanya kita percaya dengan reputasi penerbit ini.

Adapun yang perlu di sempurnakan dengan sedikit foto atau sketsa gambaran dari tulisan Daniel Mashudi : “Menjalin Asa Serabut Kelapa”  bingung mendeskripsikannya dalam alam imajinasi tentang alat sederhana pembuat coconet,  tentu saja bagi calon peserta Bootcamp akan memburu dan membukti seperti apa alat itu, sedangkan bagi mereka yang belum memiliki kesempatan pasti menimbun penasaran. 

Baiklah,  selamat lounching  hari ini Kamis 11 Februari 2016 untuk seluruh pemangku kepentingan di jajaran khusus external relation Newmont Nusa Tenggara.

Degan membaca tuntas buku BBDT apa yang difikirkan, apa yang akan dilihat dan apa yang akan  dilakukan menjadi jelas sekali arahnya,  jadi mirip kompas ; sehingga  kepentingannya  membaca 190 selesai satu hari sepenting dan sepuas membaca 642 halaman Novel Inferno Neraka  karya Dan Brown.

Bandung,  
Ciburial - Kamis 2 Jumadil Awwal 1437H /  11 Februari 2016



@NewmontID   #NewmontBootcamp

2 Komentar untuk "O la la Buka – Bukaan Dunia Tambang"

  1. Hebat deh Mbak Intan, langsung menuliskan resensinya. Saya belum khatam membacanya :)

    BalasHapus
  2. Salam.
    Huhuuy Mbak Evi, mumpung masih panaass santap habis. Terima kasih kunjungvdi mareee.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel