Keselamatan Adalah Kebutuhan Utama Bagi Para Pekerja Tambang


Semua peserta patuh menggunakan helm pengaman kepala, apapun rasanya mencoba beradaptasi, pict : dok. Lalu Budi Karyadi PT. Newmont NT

Pengamatan terakhir terhadap perubahan ekonomi masyarakat di beberapa kota termasuk desa, adalah sikap dan cara berfikir yang sangat abai pada keselamatan jiwa walaupun itu merupakan reaksi dari memanjakan beberapa orang tua terhadap putera / puterinya yang belum cukup umur.  

Desa Ciburial  Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung usia SD sudah mundar mandir di jalan raya menggunakan motor dan tanpa helm pula,  kadang terfikir  “ sesungguhnya apa yang ada di benak para orang tua mereka yang dengan sengaja (dengan tanpa sadar) mengorban nyawa putera / puteri dijadikan santapan keganasan jalan raya yang padat”.

usai kegiatan semua dihimpun kembali, pict : Arie Burhanudin




Sedang apa yang dilakukan para pekerja Tambang dilokasi penambangan, adalah perlindungan diri dengan ikhtiar dan cara :

-         Helm melindungi kepala khawatir jatuh terbentur dan sebagainya. Jangan sampai kesadaran itu terlambat disamping rawan kecelakaan baik dilokasi penambangan yang hanya batu dan batu disekeliling,  bahkan semua sangat menyadari penggunaan helm ini di udara panas dan terbuka paling tidak sedikit peneduh demi kesehatan tubuh dan organ - organ anugerah Nya yang teramat berharga jika dinilai dan diukur dengan dollar sekalipun.

Apapun rasanya helm salah satu bentuk kewaspadaan, pict : Dee H. Rahma


-         Masker, dengan beberapa model diantara yang penulis amati ada yang berbahan strevoam digunakan saat di di filter plant ada juga yang bahan kertas halus model umum saat ada bencana asap kita dapat menemukan dimana - mana seluruh Indonesia biasa digunakan dan kita melihatnya. Fungsi utama melindungi pernafasan dari beberapa serbuk halus yang pasti berbahaya, bukan hanya sekedar menghindari aroma aneh dan asing saat saat di Filter Plant.

Rambu - rambu keselamatan semacam ini banyak kami temukan
Kacamata termasuk safety gears yang urgent, ekh ada Kaka CumiLebay


      Hearing (earplug)
Saat di prossecing plant sangat berguna sekali menggunakan sumpel telinga ini, suara gemuruh mesin bukan sekedar mengerikan bagi yang tidak biasa,  menjaga gendang telinga dari ketulian ah . . . mengerikan jika hal ini terjadi. Ada kisah pilu seorang Ayah yang sempat Bunda dengar langsung dari kisahnya, secara ringkas beliau memiliki sebelas anak sembilan diantara putera puterinya telah hafal Al Qur'an 30 juz. Adalah putera bungsunya terserah panas diusia balita dan terlambat dibawa ke rumah sakit karena Ayah dan Ibu sama - sama kurang faham akhirnya  di ketemukan puteranya tuli.

Dengan kalimat memelas beliau katakan : "Mbak Intan jika saya bisa negosiasi dengan Allah, biarkan putera saya buta jangan di tulikan. Karena jika ia buta saya masih bisa mendidiknya belajar Al Qur'an akan tetapi dengan ketuliannya, saya tidak memiliki kemampuan untuk mengajar anak ini pandai menghafal Al Qur'an". 
Sesungguhnya Allah menguji hamba - Nya dengan berbagai cara. 


Sepatu Boot yang keren ini, rupanya lumayan butuh ketrampilan untuk memakainya


-        
 Busana (pakaian) untuk celana  panjang rata – rata berbahan jeans atau sejenisnya

-         Rompi spot ligh,  wilayah yang super jumbo dengan haul truck yang jumbo, prossecing plant yang super jumbo dan filter plant dengan bangunan juga raksasa menjadikan manusia akan tidak tampak, ini tentu sangat membahayakan nyawa seseorang. Situasi demikian cara yang paling safe menggunakan rompi dengan warna sangat menyala yaitu orange dan mengandung warna spotligh . . . semoga aman damai selamanya.

Kamipun selama ada di lokasi tambang dan hingga kembali bersyukur dan sangat beruntung yang berlipat - lipat disamping kepatuhan para peserta Newmont Bootcamp juga para pembimbing yang terus memberikan arahan demi arahan agar di kemudian tidak menimbulkan masalah,  maka terima kasih kepada Pak Arie, Pak Fachri, Pak Lalu Budi Karyadi Pak Molet para driver yang penuh perhatian pada semua tamu dan pada mereka semua yang tidak dapat disebutkan satu persatu. Hatur Nuhuun (ini sii Bahasa Sunda)

-         Sepatu Standar Internasional ( khusus Pekerja Tambang ) di buat dan dirancang dengan bahan pilihan, demi keselamatan jari - jemari kaki para pekerja tambang, rancang sepatu yang aman dan modis sepanjang masa dengan warna hitam jika masih gress, jika mengamati di Mining warna sepatu itu hampir macam - macam bentuk warnanya

Ada yang berwarna coklat tanah, karena lokasi yang berdebu . . . secara logika kendati di bersihkan ah . . percuma !!

Ada yang berwarna tanpa warna memang kita sama - sama tahu warna aslinya hitam ya sudahlah benafsiran masing - masing mata sepatu itu abu - abu atau kuning, penulis melihatnya inilah pengalaman demi pengalaman yang asli baru juga unik sangat menyenangkan menemukan warna sepatu tanpa warna.

Tidak perlu gundah tentang warna sepatu, toh jika hasil pekerja para penambang jika konsentrat telah di olah di Smelter dipilah dan dipilih akan menjadikan emas.  

Hal yang dilakukan para pekerja tambang di seluruh dunia aspek penjagaan keselematan jiwa adalah kebutuhan yang paling utama, mereka menyadari bahwa nyawa adalah asset yang tidak terhingga tanpa nilai dan ukuran, emang berapa harga nyawa,  itulah kemudian para Ibu dan Bapak sebagaimana di desa kami seakan mereka mengobral nyawa dan mengentengkan saja fikirannya kemudiaan dengan suka cita membelikan sebuah motor baru.

#NewmontBootCamp #Tambang #NewmontID #Batu Hijau # IntanRosmadewi

Tambang Newmont Nusa Tenggara PT. NNT

Rabu, 17 Februari 2016
9 Jumadil Awwal 1437 H

Salam Tambang





2 Komentar untuk "Keselamatan Adalah Kebutuhan Utama Bagi Para Pekerja Tambang "

  1. kalo medan kerjanya seperti itu, memang safety sangat penting ya ..:)

    BalasHapus
  2. nomor 1 emang safety SDM. soalnya buat ngejaga aset yang tek ternilai harganya :)

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel