Belajar Jadi Isteri #Membangun Keluarga



Semuanya sangatlah tidak mudah jika tidak mau belajar, dan perangkat belajar tidak hanya selalu dikaitkan dengan fasilitas serta kelengkapan sandang, pangan dan papan, bahkan yang paling utama saat kita memulai pembelajaran diri adalah tujuan dan kemudian niatkan !

Menjadi seorang istri tujuan utamanya dan sangat mendasar  adalah  “menghambakan diri pada – Nya” tidak ada tidak. 

Tujuan ini sedemikian kokoh, tidak perlu disangsikan,  apapun kendala – kendala yang terbentang dalam kehidupan berumah tangga itu seperti seseorang  masuk ke hutan belantara yang asing dan penuh lika – liku juga sama sekali tidak kenal medannya.

Maka ketika Allah kemudian memberi petunjuk kepada hamba Nya,  sesungguhnya banyak sekali tujuan membangun  kehidupan penghambaan diri kepada Nya,  ketika kemudian kita menjadi seorang istri otomatis bahwa membangun rumah tangga adalah demi mencapai   “ketenangan jiwa”  jika kemudian dalam rumah tangga hal yang terjadi sebaliknya, perlu saling mengevaluasi sikap dan tindakan masing – masing dengan cara yang terbuka.

Selanjutnya tidak semata membangun ketenangan jiwa,  demi melanjutkan estafeta kepemimpinan dan cita – cita seorang istri hendaknya  “menjadi Ibu dari putera dan puteri sholeh dan sholehah” QS. al’Araf (7) : 189  ;  perjuangan seorang istri  akan utama dan sempurna selanjutnya “membangun rasa kasih sayang”  QS. Ar Rum (30) : 21  dalam kehidupan berkeluarganya.

Tujuan – tujuan tersebut akan menjadi fondasi kokoh dan tangguh membangun kebahagiaan dunia dan akhirat.  


Siapakah Isteri

Jaman dahulu sekitar tahun 60 atau 70 an atau lebih mundur lagi, seorang isteri diimajinasikan seorang perempuan yang tinggal di rumah melayani suami siang malam sebagai pasangan hidupnya, mengasuh dan mendidik putera / puterinya, pandai memasak, menjahit, menyulam dan berbagai ketrampilan puteri sejenisnya.

Standar saat itu memang demikian,  pada era modern ini bagusnya sii . .  seorang istri memiliki skill tentang keputrian tetapi tidaklah mesti, tentu saja tuntutannya sudah kadaluarsa dan mesti di tingkatkan kepada hal yang lebih hakiki, terkait tujuan awal tadi.
Ketentuan seorang istri harus memiliki skill ketrampilan putri bisa juga di jadikan acuan,  maka dengan tuntutan jaman yang semakin menantang, seorang istri masa kini harus melek pendidikan.

Boleh pendidikan formal atau pendidikan non formal segalanya untuk mempermudah dan memperingan tugas – tugasnya disaat membangun biduk rumah tangga dan menjadi mitra harmonis pasangannya.

Apakah Tugas Isteri dan Wilayah Domestik

Idealnya seorang istri bertugas di wilayah domestik ( membacanya terkesan “melecehkan” seorang perempuan ) ; akan tetapi segala sesuatunya kembali pada masing – masing pasangan bersepakat menentukan lifestyle dalam membangun rumah tangga. 

Saat ini semua sedemikian terbuka cara, komunikasi, budaya banyak kemudahan yang bisa kita akses, inti utamanya bagaimana seorang istri bertindak bukan sekedar mitra dalam kehidupan sementara akan tetapi juga menjadi  mitra kehidupan yang abadi.


Peran Isteri dalam Keluarga
Jika dilihat dari tujuan awal pembangunan rumah tangga, yaitu :
 
  • Menghambakan diri pada – Nya 
  • Membangun ketenangan jiwa 
  • Menjadi Ibu dari putera dan puteri sholeh dan sholehah 
  • Membangun rasa kasih sayang  dalam keluarga 

Istri dalam rumah tangga menjadi tokoh utama, tentu saja secara teori penjadi pemeran utama atau tokoh sentral tugasnya cukup berat dan signifikan,  mau apa lagi jika memang tujuan – nya telah dipancangkan demikian.

Meskipun tulisan ini sifatnya umum dan masih sangat abstrak, gersang dari implementasinya sebagai intro mudah – mudahan pembuka jalan untuk  Komunitas Keluarga Kompasianer.



Selasa, 02 Juni 2015 M  /  16 Sya'ban 1436  M
Pamulang - Tangsel

3 Komentar untuk "Belajar Jadi Isteri #Membangun Keluarga"

  1. inspiratif bun, semoga bs belajar sama bunda jd istri yg baik :)

    BalasHapus
  2. inspiratif bun, semoga bs belajar sama bunda jd istri yg baik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih Mbak,
      sudah menyempatkan singgah.

      Insya Allah kita akan sama2 share masing - masing
      pengalaman untuk kebaikan bersama

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel